Social Icons

Pages

Selasa, 01 Oktober 2013

artikel perkembangan Bahasa Indonesia di Luar Negeri



Wuih, Bahasa Indonesia Jadi Mata Kuliah di Maroko

JAKARTA - Mahasiswa Maroko kini bisa mempelajari Bahasa Indonesia langsung di kampus mereka. Mulai Oktober ini, Bahasa Indonesia menjadi mata kuliah bahasa pilihan yang bisa diambil para mahasiswa Universitas Mohamed V, Maroko.

Kelas Bahasa Indonesia di Universitas Mohamed V, Maroko, ini terselenggara berkat kerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pada pembukaan secara resmi pengajaran Bahasa Indonesia di Maroko, Duta Besar Indonesia untuk Maroko Tosari Widjaja berkata, kedekatan hubungan antara Indonesia dengan Maroko menjadi landasan bagi kedua negara untuk memperkuat hubungan di berbagai bidang. Penguasaan bahasa, kata Tohari, merupakan faktor penting dalam peningkatan hubungan bilateral Indonesia-Maroko.

"Dalam kaitan ini, saya mengajak masyarakat Maroko pada umumnya dan mahasiswa-mahasiswi Maroko pada khususnya untuk dapat mempelajari dan mendalami lebih lanjut Bahasa Indonesia. Dengan belajar bahasa Indonesia, Anda akan banyak mengenal dan mengetahui tentang Indonesia," ujar Tohari, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya kepada Okezone, Rabu (10/10/2012).

Menurut Rektor Universitas Mohamed V, pembukaan pengajaran Bahasa Indonesia di kampusnya akan dapat meningkatkan hubungan Maroko-Indonesia di berbagai bidang khususnya bidang pendidikan. Selain itu, animo masyarakat Maroko untuk mengenal lebih lanjut budaya Indonesia pun akan terdongkrak.

Perkuliahan pembelajaran bahasa Indonesia di Universitas Mohamed V, Maroko, akan dimulai pada 15 Oktober mendatang. Staf pengajar dari UNJ pun didatangkan ke Maroko untuk mengampu mata kuliah dengan beban empat SKS tersebut. Selain Bahasa Indonesia, mahasiswa Universitas Mohamed V, Maroko, juga dapat memilih bahasa China, Jepang, Korea, Urdhu, dan Turki sebagai mata kuliah pendamping. (rfa)
 
Sumber : okezone

Pendapat:
Saat ini bahasa indonesia mampu bersaing dengan bahasa-bahasa didunia manapun, ini terbukti dengan adanya mata kuliah Bahasa Indonesia di Maroko. Dengan adanya program seperti ini banyak kemungkinan Bahasa Indonesia semakin melebarkan sayapnya di kancah Internasional sebagai Bahasa yang diminati. Bukan Dari segi Tata Bahasanya saja Bahasa Indonesia terbilang unik dan menarik dipelajari, tapi Bahasa Indonesia sendiri mempunyai kosakata yang kaya dan berlimpah, maka tidak heran banyak orang dari Luar negeri berbondong-bondong ingin mempelajari Bahasa Indonesia itu, ditambah dengan Kekayaan Alam Indonesia sendiri yang berlimpah serta sektor Pariwisatanya yang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates